• MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN

    Assalamu' alaikum Wr Wb Salam hangat dari Saya. Suatu kebahagiaan yang tiada terkira, satu KeAgungan dari Sang Pencipta ALLAH SWT telah diperlihatkan kembali. Blog ini satu bukti KeAgungan-Nya, melalui tangan dan pikiran saya Insya Allah dengan ijin-Nya saya mencoba memberikan informasi seputar dunia keperawatan. Saya juga mohon masukan dan kritik yang membangun guna mengembangkan kreatifitas saya dan perkembangan ilmu keperawatan pada umumnya. Amien Wassalamu' alaikum Wr Wb.
  • Kategori

  • Top Clicks

  • Top Posts

  • Pengunjung

    • 504,380 Orang
  • 5 Kiriman Teratas

  • @Arifin2Atmaja

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya

  • Top Rated

HALLO NERS

PERAN PERAWAT

Seberapa besarkah peran perawat di era globalisasi dan informasi sekarang ini ? Apakah masih cukup di belakang dokter saja ataukah cukup sebagai pelengkap dalam profesi kesehatan ? Barangkali ini menjadi penggugah kita, insan keperawatan saat ini. Agar kita tidak tidur terus dalam mimpi – mimpi yang indah. Tapi marilah kita ciptakan iklim yang sejuk bagi profesi kita. Sehingga menjadi profesi yang mumpuni dan diperhitungkan. Maju terus perawat Indonesia. Dengan semboyan MAJU BERSAMA, SUKSES BERSAMA, YESS.. YESS…YESSS”

PROFESI APA BURUH

“Hari gini gali lubang tutup lubang ! Kamu kali ??” Mungkin itu celotehan sebagian orang yang masih kembang kempis untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apakah rekan-rekan perawat di dalamnya ? Semoga saja tidak. Kita adalah profesi bukan buruh. Tapi barangkali perlu kita renungkan kembali, mengapa kita masih dihargai seperti buruh ? atau barangkali Naudhubillah min dzalik malah di bawah mereka ?? Ayo perawat bangkitlahh. Ingat pesan orang tua kita, Jadilah diri sendiri jangan jadi orang lain.

KABAR UNTUK PERAWAT

Kepada Yth. Semua member PPNI

Kepmenkes 1239/2001 telah mengatur registrasi dan Praktek Keperawatan sejak 8 tahun yang lalu namun hingga kini kebanyakan Perda didaerah kabupaten2 belum begitu merespon. Salah satu faktor penyebab respon yang lambat tersebut adalah lemahnya empowermen comunity dari organisasi profesi untuk memperjuangkan aktualisasi dari dasar hukum yang telah ada dari kementrian tersebut. Terbukti, misal di kab. Gunungkidul +1 tahun yll, dengan kebijakan yang arogan dari pihak kepolisian telah mengharamkan praktik keperawatan, dikabupaten Klaten banyak sejawat profesi kita yang diintimidasi bahkan diperas oleh aparat berkenaan dengan kegiatan praktiknya….

Sehingga issu tentang pemberdayaan implementasi kepmenkes 1239/2001 perlu didukung dengan gerak proaktif dari organisasi profesi khususya PPNI untuk melakukan pendekatan dan loby politik kepada kalangan legislatif dan eksekutif daerah dalam membuat Perda tentang pelayanan kesehatan, bahkan mungkin pembuatan petisi adalah hal yang positif untuk menggugah kalangan stake holder dalam menentukan kebijakan setempat dan nasional.

RUU Praktik Keperawatan yang belum juga banyak dimengerti oleh anggota PPNI juga perlu untuk lebih disosialisasikan agar dikemudian hari UU tersebut tidak menjadi bumerang bagi praktisi keperawatan serta dapat melindungi masyarakat terhadap mutu pelayanan yang diberikan.

Sungguh ironis dengan gerak langkah organisasi profesi bidan, walau Kepmenkes yang mengatur praktek mereka 1 tahun sesudah kepmenkes 1239/2001 tetapi IBI telah lebih dahulu Start-nya dalam mengaktualisasikan kegiatan praktek mandirinya, terbukti telah banyak papan2 nama praktek bidan yang banyak terpampang.

7 Tanggapan

  1. kuncinya : sadari potensi dan peluang, bikin dream, and do the action.. !!

  2. go prawat go. . . . . .

  3. smangat!!!!!!!!!!!!!
    kayaknya perawat hrs ada yang jadi anggota dewan spy bisa memperjuangkan hak2 qta!!!!!!!!!!

  4. perasaan, sekolah jadi perawat tu susah bgt… belajar segala macam penyakit lah.. lihat aja askep kita.. wuiih…bandingkan dengan profesi lain yang hanya fokus pada satu bidang… tapi sangat berperan di desa-desa.. . dari ngobatin batuk sampai ngobatin setruk… alamak!!!!!

  5. czemu nie:)

  6. hhhmm… sebenarnya diperlukan keaktifan dari para perawat seluruh indonesia untuk berjuang menggoalkan ruu praktik keperawatan… dan juga harus ada lobi2 kuat kepada orang2 penting yang ada di kemenkes agar jalannya lebih lancar…
    perawat itu bukan pekerjaan yang mudah, tidak semua orang mampu menjadi perawat.. dan asal tau aja di luar negeri khususnya di eropa perawat itu pekerjaan yang amat dihargai dan di hormati…
    makanya loanx disana itu besar….

  7. Nurse ForeVer?>>>>>>>>>
    Keep SpiriT>>>>>>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: