• MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN

    Assalamu' alaikum Wr Wb Salam hangat dari Saya. Suatu kebahagiaan yang tiada terkira, satu KeAgungan dari Sang Pencipta ALLAH SWT telah diperlihatkan kembali. Blog ini satu bukti KeAgungan-Nya, melalui tangan dan pikiran saya Insya Allah dengan ijin-Nya saya mencoba memberikan informasi seputar dunia keperawatan. Saya juga mohon masukan dan kritik yang membangun guna mengembangkan kreatifitas saya dan perkembangan ilmu keperawatan pada umumnya. Amien Wassalamu' alaikum Wr Wb.
  • Kategori

  • Top Clicks

  • Top Posts

  • Pengunjung

    • 417,223 Orang
  • @Arifin2Atmaja

    • Apa jadinya kalau semua status tanpa komentar. 5 months ago
    • Satu pelajaran berharga, tetap jaga niat baik sampai kapanpun. 7 months ago
    • Selamat Idul Fitri 1434 H. Minal 'aidzin wal faidzin Taqoballahu minna waminkum. 8 months ago
    • RT @pakbn: Becik ketitik ala ketara | Setiap kebaikan ataupun keburukan pasti akan terlihat 1 year ago
    • Hancurnya dunia merupakan kebahagiaan yang tak terkira bagi orang yang beriman. Karna ia mendambakan balasan dari TUHANNYA. 1 year ago
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya.

  • Top Rated

SILABUS

Silabus KMB III 2012

Ilmu Gizi 2009

KMB I 2009

Mata Kuliah : Sosiologi

Kode Mata Kuliah : WAT 5.02

Beban Studi : 2 SKS (T = 1, P = 1)

Penempatan : Semester II.

A. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini menguraikan tentang teori dan konsep manusia dan sosial budaya masyarakat, manusia dan keluarga sebagai sub system dalam sosial budaya masyarakat, aturan – aturan / norma-norma dalam kehidupan masyarakat, nilai budaya dalam masyarakat Indonesia, kepercayaan / agama sebagai kekuatan dalam kehidupan bermasyarakat serta penerapannya di masyarakat. Proses pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran ceramah, diskusi dan praktikum. B. Tujuan Mata Kuliah Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu : 1. Memahami konsep manusia dan sosial budaya masyarakat dalam asuhan keperawatan 2. Menerapkan konsep manusia dan keluarga sebagai sub system dalam social budaya masyarakat dalam asuhan keperawatan 3. Menerapkan aturan-aturan / norma-norma dalam kehidupan masyarakat 4. Menerapkan prinsip kepercayaan / agama sebagai kekuatan dalam kehidupan bermasyarakat 5. Menerapkan prinsip kehidupan bermasyarakat dalam asuhan keperawatan 6. Menerapkan konsep sosio budaya dalam pemberian asuhan keperawatan C. Garis Besar Mata Kuliah. 1. Proses social dan interaksi social 2. Kaitan manusia, masyarakat dan budaya 3. Konsep keluarga 4. Berbagai kelompok social 5. Kebudayaan dan masyarakat 6. Perubahan-perubahan social dan kebudayaan 7. Religi dalam kehidupan masyarakat. 8. Lembaga kemasyarakatan 9. Lapisan-lapisan masyarakat 10. Masalah-masalah social masyarakat 11. Perilaku sehat-sakit masyarakat 12. Pandangan sehat-sakit menurut dunia barat 13. Implementasi sosio-budaya dalam asuhan keperawatan D. Rujukan 1. Alisyahbana, Takdir (1986), Antropologi Baru, Dian Baru.

2. Azwar Agus & T. Yacob (1998), Antropologi Kesehatan Indonesia, Cetakan 2, Jakarta : EGC

3. Denny and Ellaine,( 2005 ). Sociology For Nurses. Cambridge : Polty Press.

4. Foster, GM & Barbara Gallatin Anderson, (1986) Antropologi Kesehatan Cetakan 1, Jakarta : UI Press.

5. Koentjaraningrat, (1981), Pengantar Ilmu Antropologi, Cetakan 3 Jakarta : Aksara Baru.

6. Soekanto, Soejono (1999), Sosiologi Suatu Pengantar, Cetakan 27, Jakarta Raja Grafindo Persada.

Mata Kuliah : Keperawatan Medikal Bedah III

Kode Mata Kuliah : WAT 3.09

Beban Studi : 4 SKS ( T = 2 ; P = 2 )

Penempatan : Semester IV

A. Deskripsi Mata Kuliah

Mata ajaran ini membahas tentang masalah kesehatan yang lazim terjadi pada usia dewasa, akut, maupun kronik yang meliputi gangguan fungsi tubuh mencakup gangguan sistem Persyarafan, Endokrin, Perkemihan dan Muskuloskletal , Imunitas dan Integumen oleh karena berbagai penyebab patologis seperti peradangan/infeksi, kongenital, neoplasma, trauma dan degeneratif. Proses pembelajaran difokuskan pada diskusi dan ceramah di kelas dan pengalaman praktikum di laboratorium dan klinik. Penugasan individu dan kelompok seperti menyajikan materi dalam bentuk seminar dan membuat pelaporan tentang praktikum di laboratorium dan klinik akan melengkapi pengalaman mahasiswa dalam mencapai kompetensi mahasiswa.

B. Tujuan Mata Kuliah Setelah menyelesaikan mata ajaran ini peserta didik mampu : 1. Memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem persyarafan akibat proses peradangan/infeksi, neoplasma, degenerasi dan trauma 2. Memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem endokrin akibat peradangan/infeksi, degenerasi, genetik-idiopatik dan neoplasma yang akan menyebabkan penurunan atau peningkatan sekresi kelenjar endokrin 3. Memahami asuhan keperawatan pasien gangguan sistem perkemihan akibat proses peradangan/infeksi, neoplasma, obstruksi dan trauma 4. Memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem muskuloskletal akibat proses peradangan/infeksi, neoplasma, degeneratif dan trauma 5. Memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem immunitas akibat faktor genetik-idiopatik 6. Memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem integumen akibat proses perangan/infeksi, reaksi alergi, dan trauma 7. Memahami asuhan keperawatan pasien Pre dan post operatif gangguan sistem persarafan, endokrin , perkemihan, muskuloskletal, imunitas dan integumen. C. Garis Besar Mata Kuliah 1. Asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pada sistem persyarafan akibat, (a). Proses peradangan/infeksi : Meningitis, Enchepalitis, Poliomielitis, Tetanus (b). Neoplasma : Tumor Otak, Tumor Medula Spinalis (c). Trauma : Trauma Kepala , Trauma Medula Spinalis (d). Degeneratif : Mielopathi 2. Asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pada sistem Endokrin akibat berbagai kondisi patologis yang menyebabkan : (a). Peningkatan Sekresi Hormon kelenjar Endokrin : Hiperpituitarisme, Hipertiroidisme, hiperparatiroidisme dan Hiperadrenalisme (b). Penurunan sekresi Hormon kelenjar Endokrin : Hipopituitarisme, hipotiroidisme, hipoparatiroidisme hipoadrenalisme dan Diabetes melitus (c). Hipertropi kelenjar : Struma Endemik 3. Asuhan keperawatan pasien dengan gangguan sistem perkemihan akibat : (a). Proses peradangan/infeksi : Uretro-cistitis, Pielonepritis, dan Glomerulonepritis (b). Neoplasma : Tumor Ginjal, Tumor Vesika Urinaria 1) Obstruksi : Ureterolithiasis, Neprolithiasis 2) Trauma : Trauma Ginjal, Trauma Vesika Urinaria 3) Penurunan Fungsi Ginjal : Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronik 4. Asuhan keperawatan pasien dengan gangguan sistem Muskuloskletal akibat, (a). Proses peradangan/infeksi : Osteomielitis, Rheumatoid Artritis, Gout (b). Neoplasma : Karsinoma Tulang (c). Trauma : Fraktur, Dislokasi (d). Degenerasi : Osteoporosis 5. Asuhan keperawatan pasien dengan gangguan sistem immunitas akibat, (a). Reaksi Alergi : Urtikaria, Steven Johnson (b). HIV-AIDS 6. Asuhan keperawatan pasien dengan gangguan sistem integumen akibat, (a). Proses peradangan/infeksi : Dermatitis (b). Trauma : Luka Bakar 7. Asuhan keperawatan pasien Pre dan Post Operatif sistem persarafan, endokrin, perkemihan, muskuloskletal, immunitas dan integumen. 8. Tindakan Prosedural Keperawatan pada , a. Gangguan sistem Persarafan : 1) Bladder training 2) Bowel training 3) Evakuasi fecal 4) Latihan ROM 5) Perawatan pasien gangguan kesadaran 6) Perawatan luka Kraniotomi b. Gangguan Sistem Endokrin (a). Pendidikan kesehatan  pada pasien dengan subsitusi hormonal  pada pasien Diabetes melitus (b). Penyuntikan Insulin (c). Perawatan luka ganggren c. Gangguan Sistem Perkemihan (a). Kateterisasi Urin (b). Vulva Higiene (c). Perawatan Neprostomi (d). Pendidikan kesehatan pada pasien GGK dan hemodialisa (e). Pengelolaan Kolik Ureter d. Sistem Muskuloskletal (a). Perawatan pasien dengan traksi (b). Perawatan pasien dengan gips (c). Perawatan luka e. Sistem Immunitas (a). Perawatan di ruang Isolasi (b). Pendidikan kesehatan f. Sistem Integumen (a). Kompres basah dan kering (b). Perawatan luka bakar (c). Pendidikan kesehatan 9. Tindakan Pre operatif dan post operatif pada gangguan sistem persarafan, endokrin, perkemihan, muskuloskletal, immunitas dan integument: (a). Penkes tindakan operatif (b). Tindakan kolaboratif persiapan operasi (c). Monitoring post operatif (d). Pengangkatan jahitan C. Rujukan

1. Brunner and Suddarth,s (1996), Textbook of Medical – Surgical Nursing, Eight Edi-tion, Philadelphia : JB. Lippincott Company

2. Donna D., Marilyn V., (1991), Medical Surgical Nursing : A Nursing Process Ap-proach Philadelphia, WB Sounders Company

3. Long, Barbara C., (1992), Medical Surgical Nursing, Toronto, CV Mosby Company

4. Luckman and Sorensen, (1993), Medical Surgical Nursing, A. Psychophysiologie Approach. Tokyo : WB Saunders, Co.

5. Peter C., Hayer & Thomas, Diagnostik & Terapi, EGC Jakarta

6. Purnawan Junardi, dkk., Kapita Selekta Kedokteran, Media Ausculapius, Jakarta

7. R. Syamsuhidayat. Wim de Jong , (1997), Buku Ajar Ilmu Bedah, Cetakan 1 : Jakar-ta EGC.

8. Syaifulloh Noor, (1996), Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Edisi Ketiga : Jakarta : Balai Penerbit FKUI

9. Schwatz St Shires GT : Spencer, TC , (1989). Principles of Surgery 5 th ed. , New York

Mata Kuliah : Keperawatan Gawat Darurat

Kode Mata Kuliah : WAT 3.15

Beban Studi : 2 SKS (T=1, K=1)

Penempatan : Semester VI

A. Deskripsi Mata Kuliah Mata Kuliah ini menguraikan tentang konsep kegawat daruratan, penatalaksanaan pasien gawat darurat mencakup bantuan hidup dasar ( Basic Life Support ) dan Bantuan hidup lanjut ( Advanced life support ). Juga akan dibahas tentang asuhan keperawatan pada pasien dengan berbagai kegawatan yang lazim mencakup semua sistem tubuh dan kegawatan di komunitas yaitu disaster nursing. Pembelajaran di kelas dan praktikum di laboratorium untuk tindakan BCLS dan dilanjutkan di klinik untuk penerapan secara langsung keterampilan yang sudah dilatih di laboratorium. B. Tujuan Mata Kuliah Pada akhir mata kuliah, mahasiswa mampu : 1. Memahami konsep dan prinsip kegawatdaruratan 2. Memahami konsep pertolongan pasien gawat darurat mencakup Bantuan Hidup dasar dan lanjutan 3. Menerapkan konsep dan prinsip gawat darurat dalam pertolongan pasien pada berbagai kondisi dan tingkat usia 4. Melaksanakan pengkajian Air way, breathing dan circulation pada pasien gawat darurat 5. Melaksanakan pembebasan jalan napas 6. Melaksanakan pernapasan buatan pada pasien dengan henti napas 7. Melaksanakan resusitasi jantung paru pada pasien henti napas dan henti jantung 8. Memahami asuhan keperawatan pada pasien gawat darurat bidang medikal bedah, bidang anak, bidang obstetri, bidang psikhiatri dan bidang komunitas ( disaster nursing ). 9. Memahami penanganan korban bencana missal C. Garis Besar Mata Kuliah 1. Konsep dasar penanganan pasien gawat darurat 2. Pengkajian Airway, Breathing dan circulation 3. Pembebasan Jalan Napas 4. Pemberian Napas Buatan 5. Resusitasi Jantung Paru 6. Asuhan Keperawatan pasien dengan kegawatan bidang medikal bedah akibat : a. Gangguan pernapasan: Respriratory distress, Asthma, Edema Paru. b. Gangguan Cardiovaskuler : Akut Miocard Infark, Schok c. Gangguan pencernaan : akute abdomen, keracunan. d. Gangguan Endokrin : hipogikemi, diabetik ketoasidosis, thiroid krisis. e. Gangguan saraf : stroke, trauma kepala dan medulla spinalis. f. Gangguan Muskuloskeletal : Fraktur , dislokasi. g. Gangguan Integumen : Luka bakar, gigitan binatang. 7. Asuhan keperawatan pasien dengan kegawatan bidang Obsteri ginekologi akibat: a. Eklamsi b. Perdarahan 8. Asuhan keperawatan pasien dengan kegawatan bidang Anak akibat : a. Kejang demam b. Aspiksia c. Kesedak 9. Asuhan keperawatan pasien dengan kegawatan bidang psikiatri akibat Tentamen suicide 10. Asuhan keperawatan pasien dengan kegawatan bidang komunitas akibat : a. Bencana Alam b. Kejadian Luar biasa

D. Rujukan 1. American National Red Cross , (1973), First Aid and Emergency Care, , USA : American National Red Cross. 2. Caroline Nancy L , (1998), Emergency Care in The Street, Boston : Little Brown & Son Co. 3. Lanros. Nedel E. , (1997), Emergency Nursing, USA : Appleton & Large 3. Selfridge, Thomas, Judy, (1995), Manual of Emergency Nursing, USA : WB Saunder Co. 4. St. John Ambulance , (1998), First Aid Safety Oriented, Canada ; St. John Priory of Canada Properties.

9 Tanggapan

  1. ASS.
    SAYA MINTA BANTUAN KLU ANDA PNYA GBPP DIII KEPERAWATAN SEMESTER III DAN IV, TOLONG DIKIRIM KE ALAMAT EMAIL SAYA MARIA_CHRISTYN@YAHOO.COM.
    SAYA MHS DIV KEB YANG LAGI TGS CI MHON BANTUANNYA

  2. Hmmm…. Makasih…………

  3. Assalamualaikum wr. wb…
    alhamdulillah telah bnyk orang yg perduli dengan pengembangan ilmu keperawatan…
    saya mohon bantuannya mas klu ada silabus KMB untuk PSIK mulai dari KMB-A, KMB-B, KMB-C. mohon dikirimkan k email saya isnisam@yahoo.com
    terimakasih atas bantuannya…
    semoga ilmu keperawatan dapat lebih maju dan profsi keperawatan dapat lebih berharga dimata masyarakat…

  4. Assalamu alaikum mas, mau minta tolong kalo mas juga punya silabus keperawatan S1 : Komunikasi Keperawatan, Pendidikan dalam Keperawatan…
    Makasih sebelumnya ya mas..:P

  5. assalamualaikum,terimakasih ats informasinya.

  6. Matur suwun Mbak.

  7. Assalamu Alaikum, terima kasih banyak atas bantuannya dlm menyediakan silabus ini, namun saya masih mau minta bantuannya lagi klo boleh mohon dikrimkan silabus KMB I, II dan III ke email saya leobaso@rocketmail.com. Makasih sebelumnya Wassalam

  8. Insya Allah, selagi saya bisa.

  9. assalamu alaikum ww…. Sy sangat berterima kasih atas segala bantuannya aehingga segala tugas bisa tersekesaikan, semoga Allah memberikan pahala yg berlipat ganda Amiiinnn.:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: